Home » » Demo Pangan Desa Bungkeng

Demo Pangan Desa Bungkeng

       
         BANGKALAN, Demo Pangan ialah Program Kerja KKN 53 yang pertama untuk desa Bungkeng dan dilaksanakan di Posko KKN 53 pada hari rabu, tanggal 20 juli 2016. Demo Pangan yang pertama yaitu Jus Jagung dan Nasi Goreng Jagung dengan mengundang semua ibu-ibu di desa Bungkeng dan dihadiri para pamong beserta Kepala Desa dengan istrinya. Acara dimulai pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB. Pembawa acara dibawakan oleh Sudianto selaku anggota KKN 53 dengan Ketua pelaksana Sofa Wahyudi.


       
         Foto disamping adalah praktek membuat jus  jagung dengan penanggung jawab Fahri selaku Koordinator Desa KKN kami juga. Dia menjelaskan semua langkah-langkah membuat jus jagung dengan baik tampak pada gambar disamping adalah ibu kepala desa Bungkeng yang bernama Maria sedang membantu jalannnya proker KKN kami. Kami sangat berterima kasih kepada semua warga desa Bungkeng yang ikut berpartisipasi dengan acara yang kami lakukan ini.



            Kedua kami melakukan demo pangan nasi goreng jagung dengan penanggungjawab Atus. Setelah kami membuat jus jagung lalu di lanjutkan dengan nasi goreng jagung. Pada saat membuat nasi goreng ada 2 orang ibu yang sukarelawan membatu acara kami ini. Kedua ibu itu sangat membantu dengan baik. Kelancaran kami karena ibu-ibu yang semangat untuk belajar agar bisa membantu perekonomian desa Bungkeng. Tujuan kami hanya ingin membuat inovasi baru karena di desa jagung hanya di jual dan di makan saja karena mengingat waktu kami masih mempunyai 3 demo pangan yang lainnya dengan hari yang akan ditentukan.

         
            Demo pangan kami selanjutnya adalah ice cream jagung. Ice cream yang kami buat berdasarkan potensi dari desa Bungkeng sendiri yaitu jagung. Karena ice cream disini belum ada di desa Bungkeng sendiri. Antusias ibu-ibu yang ingin mengetahui cara pembuatan es ini sangat banyak. Banyak warga yang hadir dalam pelatihan tersebut. Rasanya sangat enak dengan rasa-rasa jagung. Bahannya udah untuk di dapatkan di desa tersebut jadi apabila ingin ebuat tidak begitu sulit. Semoga dengan adanya KKN 53 yang memberikan ilmu menjad bermanfaat bagi warga Bungkeng khususnya.

              Demo pangan kali ini ada puding jagung. Rasanya sangat manis dan enak. Sama halnya dengan yang lainnya kali ini kami menggunakan jangung jadi semua demo pangan yang kami buat adalah berdasarkan potensi di Bungkeng yaitu jagung. Dengan kemasan yang unik membuat pelengkap demo pangan tersebut. Puding yang berwarna kuning dengan bentuk yang menarik sangat banyak yang ingin mencobanya mungkin di daerah lain ini biasa saja tapi di desa Bungkeng sendiri ini sangat jarang dan mungkin mereka belum mengetahui inovasi baru ini.



Yang terakhir demo pangan kami adalah kripik jagung dengan berbagai rasa-rasa yang kami sajikan original, balado, BBQ, dll. Kripik jagung tersebut mudah sekali ketika akan membuatnya. Terima kasih juga untuk ibu-ibu desa Bungkeng yang hadir dan mengikuti pelatihan kami dari KKN 53. Setelah semua dari jus jagung, nasi goreng jagung, es krim, pudding jagung dan kripik jagung semua telah dilaksanakan dengan baik dan lancar semoga ibu-ibu bisa membuat pelatihan dengan ibu-ibu yang lainnya dan bisa membentuk prekonomian kreatif melalui jagung Bungkeng.

Menariknya, kelompok kami mempunyai brand khusus untuk desa Bungkeng ini. Banyak cup yang akan kami pasarkan dan promosikan kepada warga desa Bungkeng dengan tujuan produk kami ingin dikembangkan oleh ibu-ibu desa Bungkeng. Tunggu proker kami selanjutnya ya ....!

0 comments:

Post a Comment