Web Ini Merupakan Laman Web Resmi Desa Bungkeng Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Web ini Berisi Tentang Seluruh Informasi Desa Bungkeng Baik Berupa Kegiatan Warga, Informasi Desa dan lain-lain.
DESA BUNGKENG
Home » » ADA AIR ZAM-ZAM DI DESA BUNGKENG

ADA AIR ZAM-ZAM DI DESA BUNGKENG


ADA AIR ZAM-ZAM DI DESA BUNGKENG
Mendengar kata keramat tentunya kita juga memikirkan ada sesuatu hal mistis yang terkandung di dalamnya. Kata keramat biasa digunakan untuk tempat, benda, atau hal-hal yang dianggap memiliki kekuatan spiritual dan biasanya memiliki khasiat di dalamnya. Biasanya sesuatu yang dianggap keramat akan dianggap spesial dan memiliki ritual-ritual tertentu untuk menjaga kekeramatannya itu.

Di desa Bungkeng terdapat sebuah sumur keramat yang memiliki legenda menarik. Sumur ini memiliki nilai sejarah yaitu yang dulunya di Desa Bungkeng adalah daerah yang krisis air sehingga salah satu seseorang Habib Syekh meminta dan memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan mukjizat berupa air di daerah tersebut. Melihat kondisi yang semacam itu akhirnya Habib Syekh tersebut menancapkan sebuah tongkat lalu selang beberapa waktu keluarlah air dari dalam tanah yang sampai saat ini menjadi sumber air di desa Bungkeng.

Dulu sumber air ini menjadi tempat mandi untuk warga daerah Bungkeng namun setelah kedatangan seorang habib dari Mekkah yang mampir pada sumber tersebut dan berkata bahwasanya air sumber itu tidak layak untuk digunakan sebagai air pemandian dikarenakan air tersebut dipercaya oleh sang habib sebagai air yang mirip air di Mekkah, dan beliau berkata untuk menggunakan air sumber tersebut hanya untuk diminum. Sejak kejadian itu, sampai saat ini sumber tersebut hanya diperuntukkan menjadi air minum warga sekitar.


Sumur ini juga dipercaya airnya dapat menyembuhkan segala macam penyakit oleh masyarakat sekitar. Tak jarang warga luar Bungkeng mau berhenti sejenak dan meminum air dari sumber ini karena percaya akan khasiatnya yang entah berasal darimana karena memang belum ada penelitian yang mengangkat tentang sumber air di Desa Bungkeng ini. Masyarakat hanya percaya dengan kekuatan religi yang memang kental di daerah kawasan tersebut. Yang unik dari sumur ini lagi adalah ketika musim kemarau dan air dalam sumur ini menyusut, maka dari dinding-dinding batu mengeluarkan air dan sumur ini dipercaya memiliki penjaga yang berupa ular dan seekor katak.


Namun, seiring berjalannya waktu kepercayaan itupun mulai terkikis. Karena pemikiran warga Bungkieng yang sudah mulai modern. Air yang dipercayaberkhasiat itu kini hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti biasa oleh warga Bungkeng. Seperti, mencuci, masak, dan mandi. Tidak ada hubungan mistis di dalamnya. Sumur itu terletak di dekat rumah kepala desa Bungkeng. Airnyajenih karena langsung dari sumber air yang mengalir. Di desa Bungkeng memang terdapat beberapa titik sumber air bersih. Hal tersebut terjadi kemungkinan karena wilayah Bungkeng  termasuk dataran tinggi.

0 comments:

Post a Comment