Web Ini Merupakan Laman Web Resmi Desa Bungkeng Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Web ini Berisi Tentang Seluruh Informasi Desa Bungkeng Baik Berupa Kegiatan Warga, Informasi Desa dan lain-lain.
DESA BUNGKENG
Home » » Gemuruh Teriakan Siswa SDN Bungkeng 1. AdaApa Kiranya?

Gemuruh Teriakan Siswa SDN Bungkeng 1. AdaApa Kiranya?



            KKN.... KKN... KKN! Begitulah teriakan siswa SDN Bungkeng 1 ketika kita memasuki gerbang sekolah. Lucu memang, namun dapat menjadi semangat kita untuk dapat memberikan yang terbaik untuk mereka. Berbicara mengenai anak kecil, tidak mudah tetapi juga tidak susah menghadapi mereka. Pada dasarnya anak kecil membutuhkan perhatian yang lebih dari orang sekitarnya. Berbagai tingkah konyol mereka tunjukkan hanya untuk menarik perhatian kita sebagai orang baru yang datang di sekitar mereka. Seperti berteriak memanggil KKN, berlarian kesana-kemari, kejar-kejaran, bahkan ada yang saling tindih seakan bergulat dengan temannya hanya untuk menarik perhatian kami.


Hal menarik lainnya kami dapatkan ketika berkunjung kali kedua ke SDN Bungkeng 1 pada tanggal 16 Januari 2018. Ketika memasuki ruang guru mendapati visi dari sekolah yang cukup menarik yaitu, Terwujudnya Insan Yang Cerdas & Bertaqwa. Dari visi tersebut dapat ditarik simpulan bahwa sekolah  tersebut  tidak hanya mengandalkan nilai akademik namun juga dibarengi dengan pembentukan karakter siswa.Visi tersebut sangat cocok diterapkan, mengingat saat ini salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah hanya mengandalkan nilai akademik tanpa memerhatikan karakter siswa. Penguatan karakter di era saat ini sangat dibutuhkan karena masyarakat saat ini telah mengalami krisis moral baik dikalangan anak-anak, remaja, maupun orang tua. Salah satu akses yang baik untuk memperkuat pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Untuk mengurangi krisis pendidikan karakter tersebut target utama adalah anak-anak usia SD. Karena dengan menanamkan pendidikan karakter sejak dini diharapkan dapat tertanam hingga mereka usia remaja dan seterusnya.
Upaya yang dilakukan di SDN Bungkeng 1 untuk memanamkan karakter siswa telah tercantum dalam Program Kerja Jangka Panjang Kepala Sekolah yang saat ini dijabat oleh Bapak Suwadji Dihardjo, S. Pd. Dalam salah satu program tahunan  tercantum  meningkatkan prestasi anak melalui akademik dan non akademik. Dari program tersebut sesuai dengan misi sekolah yang tidak hanya mewujudkan insan yang cerdas tapi juga bertaqwa. Dari pendidikan non akademik di SDN Bungkeng 1 mencantumkan beberapa kegiatan pengembangan diri salah satunya adalah seni baca Al-Quran. Dari kegiatan tersebut akan tertanam jiwa yang bertaqwa oleh siswa yang akhirnya dapat membentuk karakter siswa yang baik.
            Dari program yang telah dibuat oleh pihak sekolah tersebut sesuai dengan pendapat Ajat Sudrajat dan Ari Wibowo dalam (Wuryandani dkk, 2014) yang mengatakan bahwa membangun karakter peserta didik, sekolah perlu menanamkan tiga program yaitu (1) kultur sekolah bermutu yang mencakup mutu input, mutu akademik, dan mutu non akademik; (2) kultur sekolah islam dengan fokus penanaman karakter religius, keterbukaan, kepedulian, kebersamaan, dan  kerjasama; (3) kultur disiplin dengan fokus penanaman karakter antara lain religius. Dari ketiga pernyataan tersebut telah dilakukan di SDN Bungkeng 1untuk menanamkan karakter peserta didiknya yang tercantum dalam program tahunan. Program sekolah akan sulit terlaksana tanpa adanya sikap keterbukaan dan kerjasama antar warga sekolah. Sikap kerjasama dan keterbukaan tersebut telah dilalukan oleh kepala sekolah, guru, staf, dan warga sekolah lain di SDN Bungkeng 1. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana mereka mengelola sekolah secara bersama untuk mewujudkan visi dan misi yang telah disepakati.
Bukan suatu hal yang mudah  memang dalam menanamkan karakter pada peserta didik. Terlebih lagi di lingkungan pedesaan seperti di SDN Bungkeng 1. Namun, sekolah selalu berupaya untuk memperbaiki dan berusaha menyetarakan SDN Bungkeng 1 dengan sekolah-sekolah elit yang ada.

0 comments:

Post a Comment