Web Ini Merupakan Laman Web Resmi Desa Bungkeng Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Web ini Berisi Tentang Seluruh Informasi Desa Bungkeng Baik Berupa Kegiatan Warga, Informasi Desa dan lain-lain.
DESA BUNGKENG
Home » » SISWA SDN BUNGKENG 2 MAMPU MENGINSPIRASI PARA INSPIRATOR

SISWA SDN BUNGKENG 2 MAMPU MENGINSPIRASI PARA INSPIRATOR


SISWA SDN BUNGKENG 2 MAMPU MENGINSPIRASI PARA INSPIRATOR
          
  Hari Inspirasi, merupakan suatu kegiatan untuk menanamkan inspirasi bagi masyarakat khususnya siswa SD agar memiliki tujuan dalam melaksanakan kehidupannya. Salah satu cara agar mereka memiliki tujuan adalah dengan memperkenalkan cita-cita pada siswa tersebut. Jika mereka sudah memiliki cita-cita mereka akan berusaha untuk menggapai cita-cita yang diinginkanya, itu artinya mereka memiliki tujuan untuk menggapai cita-cita.  27 Januari 2018. Pelaksanaan proker Hari Inspirasi di SDN Bungkeng 2 oleh KKN kelompok 1. Tujuan diadakannya Hari Inspirasi adalah untuk menanamkan cita-cita pada siswa SDN Bungkeng 2 agar mereka memahami dan memiliki cita-cita.
            Tema yang kita ambil adalah tentang kesehatan. Kami bekerjasama dengan pihak puskesmas Tanjung Bumi untuk menginspirasi siswa SDN Bungkeng 2. Enam pemateri yang semuanya ahli di bidang kesehatan datang sebagai relawan untuk membantu pelaksanaan Hari Inspirasi. Tidak hanya menginspirasi tetapi mereka juga mengajarkan bagaimana hidup bersih dan sehat pada siswa SDN Bungkeng 2. Berbagai tingkah lucu dan menggemaskan tampak diwajah mereka. Kepolosan mereka menjadikan kami terinspirasi untuk segera menanamkan dan mengajarkan kepada mereka bahwa cita-cita itu sangat penting. Berbagai jenis cita-cita telah dicontohkan oleh pemateri kepada siswa. untuk kelas 4, 5, sebagian besar sudah memahami tentang cita-cita. Namun, yang membuat kami tercengang adalah siswa kelas 1.


Seketika kami tercengang dengan jawaban atas pertanyaan dari kami kepada salah satu siswa. “Adek kalau besar nanti mau jadi apa?” tanya pemateri. “Mau jadi dokter kak.” Jawab salah seorang siswa kelas 1 SDN Bungkeng 2. Seketika terdengar biasa saja, karena memang tema yang kita ambil adalah kesehatan maka sudah pasti pemikiran mereka tidak jauh dari dokter, perawat, dan ahli kesehatan lainnya. Namun, yang membuat kami merasa tersinspirasi adalah jawaban lanjutan dari siswa tersebut. “Saya mau jadi dokter, biar bisa cuci tangan dengan bersih, dan wangi kak” katanya. Dari jawaban tersebut, dapat menjadi pelajaran bagi kami bahwa menanamkan kebersihan sangat diperlukan untuk kenyamanan mereka saat belajar.
Memang, secara visual sudah dapat terlihat bahwa kurangnya kesdaran akan kebersihan bagi mereka sangat tinggi. Ketika bermain mereka tanpa menggunakan alas kaki, bahkan sempat menemukan seorang siswa yang memakan permen karet yang sudah dibuat mainan di tangannya. Selain itu ada juga yang cuci tangan di genangan air di lapangan tempat mereka bermain. Dari pandangan tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya penyadaran kepada mereka mengenai pentingnya dan bagaimana cara mereka hidup sehat.


Setelah rangkaian acara selesai, siswa dibimbing untuk menuliskan sebuah cita-cita yang diinginkannya di kertas yang berbentuk daun yang telah diberi tali untuk nantinya digantungkan di pohon cita-cita. Meski tema yang kita ambil tentang kesehatan, namun tidak sedikit dari mereka yang memiliki cita-cita di luar tema. Seperti, tentara, polisi, pilot, dan lain-lain. Setelah itu tiap ruangan yang terdiri dari campuran siswa 3 kelas (ruang 1: kelas 1, 2, dan 3. Ruang 2: campuran kelas 4, kelas 5, dan kelas 6) digiring secara bergantian untuk mencuci tangan kemudian menggantungkan cita-cita yang telah mereka tulis.

Tujuan dari menggantungkan cita-cita di pohon cita-cita adalah, agar mereka selalu ingat setiap melihat pohon tersebut, bahwa ada tujuan yang harus dicapai oleh mereka yaitu untuk mncapai cita-cita yang mereka gantungkan.,

0 comments:

Post a Comment