Web Ini Merupakan Laman Web Resmi Desa Bungkeng Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Web ini Berisi Tentang Seluruh Informasi Desa Bungkeng Baik Berupa Kegiatan Warga, Informasi Desa dan lain-lain.
DESA BUNGKENG
Home » » TAHU KAH KAMU? LEMBAGA PENDIDIKAN YANG ADA DI DESA BUNGKENG

TAHU KAH KAMU? LEMBAGA PENDIDIKAN YANG ADA DI DESA BUNGKENG


           Berawal dari saya melihat banyaknya pemuda-pemuda Desa Bungkeng ini yang memilih putus sekolah hanya pada tingkatan Sekolah Dasar dan Tingkat Perantauan disini yang sangat Tinggi mayoritas merantau ke kalimantan khususnya Kota Banjarmasin. Saya Terfikirkan untuk menulis artikel tentang adanya Lembaga-Lembaga Pendidikan yang ada di Desa Bungkeng ini.

            Berbicara mengenai lembaga Pendidikan di daerah tanjung bumi dibagian selatan yang berdiri pertama kali ialah madrasah al Bukhori yang berdiri pada tahun 1982 yang didirikan oleh Ustad Juhdi Warga Desa Bungkeng Sendiri. Membahas tentang Madrasah ini yang hanya satu- satunya di Daerah Tanjung Bumi ini pastinya ada Santri atau Murid yang Belajar di Lembaga Pendidikan Madrasah ini. Santri nya pun Tidak hanya dari Desa Bungkeng saja melainkan dari Desa Desa Sekitar desa Bungkeng Tersebut seperti Desa Mandung, desa Bandang Daya, Desa Larangan Timur.

           Pendiri Lembaga Madrasah Al Bukhori ini sempat berfikir bahwasannya Desa Bungkeng ini membutuhkan Lembaga Pendidikan yang Formal, maka Ustad Juhdi Selaku Pendiri Madrasah mendirikan juga SMP terbuka sebagai Lembaga Formal yang masih pada SMP Negeri yang ada di Desa Macajeh Tanjung Bumi.

         Setelah berdirinya Lembaga Formal SMP terbuka ini banyak anak – anak Desa Bungkeng Berlajut sekolah ke SMP yang awalnya banyak anak yang putus Sekolah hanya pada tingkat Sekolah Dasar saja. Namun banyak kesulitan juga pengurus SMP tersebut karena masih berinduk pada SMP di Desa Macajeh. Seperti Siswa jika Ujian Nasional masih harus ke SMP di Desa Mecajeh. Dari situlah ada desakan desakan warga agar lebih dipermudah lembaga formal SMP di desa Bungkeng.

       Pada tahun 2014 dari desaka desakan warga yang ingin lembaga tersebut mudah, maka pengurus lembaga SMP ini mulai berdiri sendiri dan terlepas dari SMP desa Mecajeh tersebut. Dan pada tahun 2018 ini Rencanya Lembaga ini akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk melaksanakan Ujian Nasionalnya.
Sayangnya di Desa Bungkeng ini masih belum mempunyai lembaga pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Kebanyakan anak anak yang berlanjut ke tingkatan SMA harus bersekolah di SMA 1 TANJUNG BUMI yang terletak sekitar 10 km dari Desa Bungkeng. 

Nah,.. Sekilas Informasi Tentang Lembaga – Lembaga yang ada di Desa Bungkeng Kecamatan Tanjung Bumi ini.

0 comments:

Post a Comment